Blogger news

Home » » Pengertian Administrasi Perkantoran

Pengertian Administrasi Perkantoran

Written By Unknown on Thursday 18 October 2012 | 19:32

Nah sesuai Judul diatas kali ini saya akan menerangkan tentang "Pengertian dari administrasi" nah buat para sobat yang mengambil jurusan Administrasi Perkantoran atau yang lebih akrab di sebut AP, pasti udah pad tau donk apa arti Administrasi dan Aministrasi Perkantoran????
Apa belum tau??????

Hmmmm SUNGUH TERLALU........
Ok dh bagi yang belum tau saya kasih tau dh...

Apa sih administrasi itu??????

Nah Secara etimologis, administrasi berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata AD yang berarti "intensif" dan MINISTRAIRE yang berarti "to serve" (melayani). (Nah udah agak jelaskan)

Adapun Literatur lain mengatakan bahwa administrasi merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu
administration yang bentuk infinitifnya adalah to administer. Dalam Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English (tahun 1974), kata "administer" diartikan sebagai to manage atau mengelola atau to direct (menggerakkan) (Ulbert Silalahi 1992: 2-3).

Kata administrasi juga berasal dari bahasa Belanda, yaitu administratie yang yaitu suatu kegiatan yang meliputi kegiatan kegiatan seperti : catat mencatat, surat menyurat, pembukaan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan (clrecical work).
Menurut Leonard D. White (dalam Introduction to Study of Public Administration), administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok Negara atau swasta, sipil atau militer, usaha yang besar atau yang kecil dan sebagainya.

Sementara itu Menurut The Liang Gie (1980) menyatakan bahwa administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja sama mencapai tujuan tertentu.

Kemudian menurut William H. Newman (dalam Administrative Action The Techniques of Organization and Management) mendefinisikan administrasi sebagai pembimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok orang-orang ke arah pencapaian tujuan bersama.

Dan yang terakhir menurut Sondang P. Siagian (dalam Filsafat Administrasi) berpendapat bahwa administrasi merupakan keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Dan masih banyak lagi para ahli yang mengemukakan definisikan pengertian dari administrasi itu sendiri.

Pengertian Administrasi di kelompokan menjadi 2 lo sob yaitu :

1. Pengertian administrasi dalam arti sempit yaitu:

Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain. Administrasi dalam arti sempit inilah yang sebenarnya lebih tepat disebut tata usaha (clerical work / office work). Seluruh kegiatan ketatausahaan dapat dirangkum dalam tiga kelompok, yaitu korespondensi, ekspedisi, dan pengarsipan.

2. Pengertian administrasi dalam arti luas yaitu :

Administrasi dalam arti luas adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya-sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Jadi administrasi dalam arti luas memiliki unsur-unsur : sekelompok orang, kerjasama, pembagian tugas secara terstruktur, kegiatan yang runtut dalam proses, tujuan yang akan dicapai, dan memanfaatkan berbagai sumber.

Nah setelah panjang lebar menjelaskan apa itu administrasi sekarang saya akan meberi tahu sobat apa itu administrasi Perkantoran.
 
Administrasi perkantoran ditinjau dari sudut ilmu berinduk pada administrasi.Definisi administrasi perkantoran sendiri ialah usaha penyelenggaraan perkantoran guna membantu  pimpinan teratas suatu organisasi dalam pengambilan keputusan dan pencapaian tujuan organisasi (office management).

Administrasi perkantoran sendiri mempunyai ruang gerak sendiri yaitu meliputi kegiatan pelayanan
keamanan, pelayanan tamu, kepegawaian, pelayanan kesiswaan, pelayanan telepon, kebersihan dan keindahan, pelayanan pelayanan keuangan, pelayanan umum, pelayanan surat menyurat dan ekspedisi.


Nah bagai mana sudah tau kan apa itu administrasi dan administrasi perkantoran???

saran saya adalah belajar itu tidak harus di mulai dari sesuatu yang besar justru harus di mulai dari suatu yang kecil contohnya arti dari mata pelajaran itu sendiri. karna di saat kita terlalu terlena dengan sesuatu yang besar maka kita lupa dengan suatu hal yang kecil dan sederhana ya kan????
kan gk lucu kalaw seorang tau ilmu yang tinggi tapi tidak tau ilmu yang kecil kan konyol ya gk????

Ok dh sob semoa bermanfaat ya
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Centry_jazz.blog - All Rights Reserved
Template Created by
Proudly powered by Entrys Informatika