Blogger news

Home » » 6 Sifat Sahabat Menurut Pandangan Islam

6 Sifat Sahabat Menurut Pandangan Islam

Written By Unknown on Thursday 11 October 2012 | 03:27


ai sob, kalin ini saya akan berbagi ilmu agama nie sob.... hehehe
eits tapi bukan karna saya religius lo..... hehehehe 
bercanda kok bercanda...
ok dh sob lansung aja saya kasih tau 6 sifat sahabat menurut pandangan islam ini dia :

 .........


·        “6 (Enam) Sifat Sahabat…”

Dari sekian banyak sifat yang dimiliki para sahabat Nabi SAW, disimpulkan bahwa pada dasarnya ada persamaan sifat-sifat mereka yang sangat dominan (menonjol)…, sehingga mereka mendapatkan gelar “radiallahu anhum…”, yaitu orang-orang yang mendapat ridho Allah SWT… dan oleh “Jamaah Tabligh” sifat-sifat tersebut dijadikan pedoman dalam meniru-niru usaha dakwah mereka di seluruh alam. Itulah sebabnya mengapa ada istilah “6 Sifat…” dalam dakwah. Dengan mendakwahkan pentingnya 6 sifat ini, maka Insya Allah…, umat Islam mampu mengamalkan agama ini dengan sempurna seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Untuk menanamkan “6 Sifat…” ke dalam hati umat muslim ini diperlukan 3 syarat saja, yaitu pertama Dakwahkan pentingnya sifat-sifat mulia tersebut kepada seluruh umat muslim, kedua Latihan (amal) dalam kehidupan sehari-hari, sehingga muamalah, muasyarah dan akhlaq umat menjadi lebih baik. Dan yang terakhir adalah ber-Do’a kepada Allah SWT agar kita dan seluruh umat muslim seluruh alam ini, memiliki sifat-sifat mulia tersebut. Sehingga mampu mengamalkan agama secara sempurna seperti yang telah dicontohkan oleh para sahabat r.hum tersebut. Maka insya Allah, kemuliaan, kejayaan dan kesuksesan hidup umat muslim akan bangkit dan berjaya kembali seperti halnya jaman Nabi SAW dan para sahabat r/hum.

Umat Islam saat ini belum mampu mengamalkan agama secara sempurna, disebabkan imannya yang lemah. Sehingga derajat keyaqinannya hanya sebatas apa yang di lihat dan dirasakan saja. Belum mencapai derajat haqul yaqin seperti halnya para sahabat Nabi SAW. Dengan demikian, maka kapasitas amal ibadahnya pun, belum sempurna bahkan masih banyak kewajiban-kewajiban agama yang dihiraukan bahkan tidak peduli atas nasib diri dan agamanya.

“Dakwah adalah tarbiyah umat untuk mendapatkan sifat-sifat yang dikehendaki Allah SWT dalam upaya mencapai kesempurnaan iman
dengan cara bertahap…”

Agama itu penting…! Tetapi usaha atas agama (Dakwah) adalah jauh lebih penting. Seperti halnya manusia perlu makan, dan apabila tidak makan maka dia akan mati. Karena dakwah adalah tulang punggungnya agama…!  Tanpa dakwah, maka agama akan mati.

Rasulullah SAW telah diberi tugas kenabian yang ilahiah untuk menyeru umat manusia agar supaya menyembah ALLAH SWT. yaitu dengan membacakan ayat-ayat-Nya dan membersihkan tabiat-tabiat manusia yang tidak dikehendaki dengan cara mengajarkan al Kitab (Qur’an) dan al Hikmah (Sunnah). Didukung dengan Qur’an dan Hadist-hadist yang shahih, bahwa umat Nabi SAW telah diberi tugas untuk mengusahakan hidayah bagi semua umat manusia di seluruh alam supaya beriman kepada Allah SWT…

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk mengorbankan diri, waktu dan hartanya, untuk menyeru manusia agar beriman kepada Allah SWT, belajar dan mengajar ilmu agama, berdzikir dan beribadah kepada Allah SWT. Dan para sahabat Nabi SAW telah mengamalkan semua itu dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, dengan mengorbankan kepentingan pribadinya untuk membantu, mengabdi dan berkorban demi kecintaan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Mereka telah dilatih untuk memberi manfaat kepada sesama manusia dengan pengorbanan fisik maupun material untuk memenuhi perintah Allah SWT, seperti diterangkan dalam Qur’an :
................................................................................................................................  
Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan Jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, Maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, Maka Dia-lah Sebaik-baik pelindung dan sebaik- baik penolong. (Al Hajj : 78)

Para sahabat r.hum telah berjuang mengikuti cara Rasulullah SAW dengan ketaqwaan, keteguhan, disiplin, pengorbanan diri dan mengutamakan kepentingan orang lain (saudara sesama muslim) daripada kepentingan diri mereka sendiri. Dengan demikian, maka sebuah lingkungan telah diciptakan yang memunculkan contoh-contoh mulia, yang menjadi generasi terbaik dari umat ini. Suatu zaman yang amalan-amalan Nabi SAW telah diamalkan secara kolektif oleh umat yang dinyatakan sebagai “Khoirul Qurun” (sebaik-baik zaman, atau sebaik-baik umat pada zaman itu).

................................................. 

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah…(Ali Imran : 110)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah SWT memberikan mandat kepada umat muslim ini untuk menjadi “Umat Da’i…” yaitu melanjutkan tugas kerja kenabian dalam upaya menyelamatkan umat manusia dari siksa api neraka dan azab Allah SWT dengan cara mengajak kepada kebajikan bagi seluruh umat manusia di seluruh alam, menyeru pada yang ma’ruf dan melarang dari yang munkar. Karenanya tugas dakwah sekarang ini merupakan tanggung jawab utama bagi umat manusia yang mengaku dirinya muslim. Bukan hanya tugas para ulama atau mubaligh saja seperti anggapan orang awam umumnya, melainkan seluruh umat muslim dunia harus ikut berperan aktif, berpartisipasi langsung dalam rangka menegakkan Panji Islam ini. 

Buah dari hasil perjuangan dan kerja keras dakwah para sahabat Nabi SAW ini, telah dibuktikan dengan adanya penyebaran Islam ke seluruh pelosok negeri di muka bumi ini, termasuk Indonesia yang dikenal sebagai negara mayoritas Islam. Cahaya dari usaha dan pengorbanan mereka masih tetap bersinar dalam dunia Islam hingga saat ini… Namun demikian, se-iring perjalanan waktu dan semakin canggihnya dunia teknologi maka tidak sedikit umat Islam sekarang ini, yang telah meninggalkan ajaran syariat agamanya. Kecintaan terhadap dunia telah merasuk jauh ke dalam lubuk hatinya sehingga mereka banyak melupakan tujuan hidup sebenarnya. Mereka sibuk dengan urusan dunia dan ikut hanyut dalam menikmati segala tipu dayanya, sehingga lupa pada kehidupan akherat yang abadi selamanya... Sebagaimana pernah disabdakan Nabi SAW, bahwa akan datang suatu zaman, dimana umat Islam akan terkena penyakit “WAHN…”, yaitu cinta dunia dan takut mati. Islam hanya tinggal nama seperti buih di lautan ; mesjid banyak dibangun tetapi sepi dari jamaah ; dan Al Qur’an hanya akan tinggal tulisan saja yang banyak dipajang umat sebagai hiasan rumah.

Kerisauan ini telah begitu mengusik hati Syaikh Muhammad Ilyas rahmatullah ‘alaih untuk mencoba memperbaiki keadaan umat. Beliau selalu risau dan bimbang…, sehingga berupaya dan terus berfikir untuk menghidupkan kembali kejayaan Islam yang pernah diraih oleh para sahabat r.hum. Dan beliau juga menganjurkan dengan keyaqinan yang pasti bahwa usaha untuk menghidupkan agama hanya akan berkesan dan diterima, apabila dilakukan dengan cara-cara Rasulullah SAW. Oleh karena itu, sifat seorang Da’i (orang yang menyeru kepada Islam) perlu ditarbiyah. Keinginannya harus konsisten dengan ilmu, amalan, pemikiran (persepsi), nafsu, kasih sayang dan cara berdakwahnya seperti semangat para nabi a.s., teristimewa nabi Muhammad SAW. Mereka tidak hanya harus memiliki iman yang kuat dan mantap serta amalan-amalan saleh, kerohaniannya pun harus seperti para nabi a.s.  

Dengan adanya kriteria Da’i tersebut diatas, maka muncul-lah karakteristik sifat sahabat Nabi SAW. yang insya Allah…, dapat ditiru-tiru oleh kita sebagai umat muslim dalam melaksanakan dan melanjutkan tugas dakwah Nabi SAW di zaman global yang katanya serba canggih dan moderen ini. Mudah-mudahan dengan adanya panduan dari sifat para sahabat Nabi SAW ini, menjadikan pola pikir dan gaya hidup umat Islam yang katanya sudah gak karu-karuan…, menjadi karuan kembali. Sungguh hal yang ganjil dan aneh apabila kita perhatikan kondisi umat Islam sekarang ini, dimana mereka mengaku umat Nabi Muhammad SAW yang katanya dijadikan “Uswatun Hasanah…” suri tauladan terbaik, namun praktek amaliahnya tidak jauh berbeda dengan orang-orang kafir…? Hanya nama dan baju saja mungkin yang berbeda... si Abdul pakai baju gamis, sementara si Marcus memakai jas dan kemeja berdasi…? Tapi pola pikir dan gaya hidupnya sama, yaitu senang bergaya hidup mewah, suka pamer kekayaan dan berbangga-bangga dengan banyaknya harta…! Status sosial (jadi Orang Kaya) menjadi Tujuan Hidup, dan kata Sukses diartikan dengan kesenangan dunia…, seperti memiliki jabatan tinggi dan melimpahnya harta…, rumah yang mewah, mobil yang bagus serta uang dan harta yang banyak...!? Sedangkan urusan agama yang menyangkut perkara iman dan amal saleh menjadi nomer 11…! Seolah-olah hidupnya gak akan pernah mati !

Demikian rusaknya kondisi umat sekarang ini, karena lemahnya iman dan keyaqinan akan kehidupan akherat. Mereka berani mengorbankan kesenangan yang banyak dan abadi dengan yang sedikit dan sementara, cuma karena ingin dinilai dan dihargai orang lain alias “Riya”(Pupujieun). Masalahnya cuma karena mereka takut disebut orang miskin..!?

Umat Islam saat ini belum mampu mengamalkan agama dengan sempurna seperti para sahabat Nabi SAW, karena tidak memiliki sifat-sifat mulia yang dikehendaki Allah SWT seperti yang mereka miliki, sehingga pantas apabila mereka diberi gelar “radiallah anhum…” (orang yang diridhoi Allah SWT). Hal ini dijelaskan dalam ayat Qur’an : 

š

................................................. 

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya, mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar… (At Taubah ; 100)

Jadi, apabila umat sekarang ini ingin mengamalkan agama dengan sempurna, maka syaratnya harus memiliki sifat-sifat mulia, seperti yang dimiliki para sahabat r.hum tersebut. Sebab Allah SWT telah menetapkan kebahagiaan makhluk ciptaan-Nya itu sesuai fitrahnya. Seperti ikan yang akan bahagia apabila hidupnya di air, burung akan bahagia bila hidupnya bebas di udara, dan manusia akan bahagia hidupnya apabila taat dalam ajaran agamanya. Sudah menjadi Sunatullah…, apabila makhluk mencari-cari kebahagian berdasarkan nafsunya, maka tentu tidak akan pernah wujud yang namanya kebahagiaan tersebut. Tidak ada seorang pun yang menginginkan hidupnya susah dan binasa. Semuanya ingin bahagia (tenang, tenteram, damai dan sejahtera), baik di dunia maupun di akherat. Dan kebahagiaan umat Islam ini hanya terletak pada amalan agama yang sempurna. Jadi tergantung pada tingkat keimanan dan keyaqinannya, sehingga kata Taqwa menjadi tolak ukurnya. Sejauhmana ketaatannya dijalankan, maka sejauh itu pula tingkat kebahagiaan yang diperolehnya. Inilah kunci sukses hidup yang hakiki, yang telah dibuktikan orang-orang saleh dahulu.




................................................. 

“orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram…”
(Ar Rad ; 28)

Hari ini agama telah terlepas dari kehidupan manusia. Orang-orang tidak merasa takut dan menyesal jika tidak mengamalkan agama. Sementara hubungan dengan rumah sangat kuat sehingga apabila rumah terbakar merasa sangat sedih. Hubungan dengan pekerjaan sangat kuat sehingga tidak mau meninggalkan perniagaannya walau hanya sementara. Hubungan dengan anak isteri sangat kuat sehingga apabila mereka sakit, akan ikut bersedih dan berusaha mencari cara penyembuhannya. Namun jika agama yang sakit, tidak merasa sedih bahkan biasa saja. Ketika berkumpul dengan keluarga atau sedang berada ditempat kerja tidak mengantuk, namun ketika mendengarkan pembicaraan iman dan amal saleh keadaannya seperti orang sakit, karena hubungan dengan agama sangat lemah. Sebagaimana hubungan pedagang dengan tokonya, setiap hari ia datang ke toko, mimikirkan kemajuan tokonya. Malam hari pun memikirkan dagangannya. Begitu pula apabila hubungan dengan agama kuat, maka setiap hari yang dipikirkan adalah agama. Bagaimana agar agama bisa wujud dalam kehidupannya, keluarganya, lingkungannya dan seluruh alam…! Jika tidak membiasakan diri dengan amal-amal agama, maka akan lalai mengingat Allah SWT di kantor, di pasar, di sawah, di ladang, di pabrik lupa kepada Allah SWT. Di mesjid lalai, bahkan ketika sholat pun lalai kepada Allah SWT. 

Apabila manusia hanya berhubungan dengan makhluk, maka nantinya akan takut kepada makhluk dan akhirnya mengharap dan meminta kepada makhluk. Ini adalah keyaqinan yang rusak sebagaimana keyaqinannya orang-orang kafir. Jika manusia hanya yaqin kepada apa yang dilihat atau yang dirasakan, maka kehidupan manusia tidak berbeda dengan hewan, yang hanya meyaqini apa yang dia lihat. Seekor sapi ketika melihat rumput, langsung mengklaim bahwa ini adalah makanan saya.




................................................. 

Dan orang-orang kafir bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang. Dan Jahannam adalah tempat tinggal mereka.. “
(QS. Muhammad : 12)

Orang beriman ketika memperoleh makanan, senantiasa bertanya lebih dulu, “Apakah makanan ini halal, baik sumber dan cara mendapatkannya..? Jika halal, apakah ada hak orang lain pada makanan itu yang perlu dibagikan..? Jika makanan itu untuknya, maka dia akan makan dengan cara Nabi SAW.

Hari ini keyaqinan umat sedang rusak, imannya sedang sakit. Sumber penyakit inilah yang harus disembuhkan terlebih dahulu, bukan memperbaiki gejalanya. Keadaan politik, hukum, ekonomi, budaya dan pemerintahan serta yang lainnya yang tidak sehat adalah gejala penyakit iman. Jika umat sibuk memperbaiki gejalanya, maka masalah tersebut tidak akan pernah selesai. Dan sumber dari segala sumber penyakit (kesalahan) umat manusia adalah kecintaan pada dunia yaitu Harta…!

“Harta adalah Penyakit-nya agama…, sedangkan Ilmu adalah dokter-nya… Bagaimana mungkin seorang dokter mampu menyembuhkan penyakit pasiennya…? sementara dokternya sangat cinta dan sayang pada penyakit tersebut”.

Agama tidak akan pernah wujud dalam diri setiap umat muslim, apabila dalam hatinya masih ada kecintaan terhadap dunia. Dunia dicari hanya sebatas keperluan, bukan maksud tujuan hidup, seperti layaknya orang buang air besar di dalam WC. Tentu tidak ada gunanya berlama-lama di dalam WC…! Karena kita semua akan dikembalikan pada alam  kekal abadi selamanya yaitu kampung akherat. Ulama mengatakan bahwa kehidupan manusia itu diibaratkan sebuah perjalanan, dimana setiap ada pohon kita berteduh untuk melepas lelah. Kemudian kita berjalan lagi, istirahat lagi…, hingga akhirnya sampai pada tujuan yang kita inginkan. Jadi, mengapa kita harus betah berlama-lama diam di tempat peristirahatan yang sementara ini…? Alam ruh, alam rahim (kandungan), alam dunia, alam kubur, dan alam akherat adalah ibarat pohon-pohon tadi sekaligus rute perjalanan hidup yang mau tidak mau harus dilalui oleh setiap manusia.

Coba saja bayangkan…, bagaimana seandainya kalau kita mati tahun ini, sementara hari kiamat tidak pernah tahu kapan…? Apakah tahun 10 ribu, tahun 1 juta atau mungkin tahun 1 milyar…? Dan bayangkan juga orang-orang yang telah lebih dulu meninggalkan kita 1000 atau 2000 tahun yang lalu…? Sedang apa mereka sekarang…!? Katanya siksa kubur itu ada bagi orang-orang berdosa yang tidak sempat bertobat...?! Kasihan sekali menunggu waktu yang gak jelas kapan endingnya…??

Orang bule bilang, “Waiting is boring…!” yang artinya menunggu adalah pekerjaan yang sangat membosankan. Jangankan pada tempat yang gelap dan menyedihkan…? Ditempat yang menyenangkan pun tetap saja membosankan..! Dan sebaik-baik bekal hidup di akherat tiada lain adalah hanya Iman dan Amal Saleh. Bukan harta atau pun yang lain..! Semua materi dunia yang di klaim milik kita, tidak akan pernah dibawa dan tidak mampu menyelamatkan kita dari azab Allah SWT, malahan akan menjadi sandungan amal ketika berada dalam hisab (hari perhitungan) nanti. Think it!  

Seandainya saja, setiap diri umat Islam memiliki pola pikir dan gaya hidup sederhana (Wara’) seperti para sahabat r.hum, yang lebih mengutamakan kehidupan akherat dibanding dunia…? Tentu alangkah indahnya Islam, sebab pasti dan pasti yang namanya muamalah, muasyaroh dan akhlaq yang baik akan wujud dalam diri umat. Perdagangan menjadi jujur, hubungan sosial menjadi rukun dan solid, pemerintahan bebas korupsi, negara aman dan makmur, kehidupan beragama menjadi harmonis dan indah…, karena adanya keberkahan dan kasih sayang Allah SWT. Kesuksesan, kemuliaan dan kejayaan Islam akan terwujud kembali seperti pada zaman para sahabat dahulu.   

“Berilah kabar gembira kepada umat ini dengan ketinggian derajat mereka dengan kemuliaan, dan kebenaran agama ini dan kemenangan serta kekokohan kedudukan mereka di muka bumi. Maka barangsiapa diantara mereka beramal dengan amalan akherat tetapi tujuannya untuk mendapatkan keuntungan duniawi, maka tidak ada baginya bagian (keuntungan) di akherat kelak” (HR. Ahmad dan Ibnu Katsir)

Hari ini umat Islam tidak sadar, bahwa agama telah dirusak, bahkan tidak sadar bahwa agama perlahan-lahan mulai keluar dari dalam dirinya. Merasa bangga hidup dalam kemusyrikan, saling berbangga hidup dalam kemunafikan dan saling berbangga hidup dalam kejahilan. Ketika berhadapan dengan urusan perut dan sejengkal dibawahnya, ia mengikuti cara-cara orang kafir dalam mendapatkan dan memanfaatkannya. Ia bangga dengan pakaian orang-orang kafir, bahkan tanpa sadar seluruh gaya hidup dan pola pikirnya mengikuti cara-cara para ahli bathil. Hal ini dapat kita lihat pada penayangan acara-acara TV yang lebih menonjolkan kemewahan semu dunia dan maksiat. Wanita-wanita muslim sudah tidak nampak lagi jatidirinya, sebab sudah menjadi konsumsi publik (tebar pesona dengan mengumbar aurat...). Berbagai macam lomba dan kontes digelar dan diacarakan untuk membius umat, agar lupa pada agama dan akherat. Berbondong-bondong ingin jadi artis…, dibuai oleh mimpi indah bergelimang harta dan ketenaran. Sampai anak-anak pun dieksploitasi, di didik materialis dan di rusak akhlaqnya…! Orang tuanya pun ngedukung lagi…, Masya Allah !

“Kalian pasti akan mengikuti perilaku orang-orang terdahulu, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta dan sedepa demi sedepa, sehingga seandainya mereka masuk ke liang biawak, niscaya kalian akan mengikuti mereka..” Para sahabat rad. hum bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah mereka itu orang yahudi dan nasrani…? Nabi SAW menjawab, “Siapa lagi…?!” (HR. Bukhari dan Muslim)  

Untuk mengembalikan ajaran dan amalan agama secara sempurna, maka tiada cara lain kecuali dengan mengikuti cara Rasulullah SAW. Tidak ada cara lain…!, sebagaimana bila melihat hanya dengan mata, mendengar hanya dengan telinga, berbicara hanya dengan mulut dan berjalan hanya dengan kaki. Agama itu penting, tetapi usaha atas agama jauh lebih penting. Usaha agama lebih penting dari usaha tanah, air dan udara. Usaha atas iman jauh lebih penting daripada usaha menjadi selebriti. Jika kekurangan udara atau makanan, maka penderitaannya hanya bersifat sementara dan akan berakhir dengan kematian. Dan jika gagal jadi artis, paling-paling gak ngetop…!? Tetapi jika kekurangan dalam amalan agama disebabkan lemahnya iman…? Maka yang timbul adalah kehinaan, kesengsaraan dan kegagalan yang luar biasa, baik di dunia maupun di akherat yang tidak pernah berakhir selamanya…Think it !

Cara-cara Nabi SAW ini telah terangkum dalam wujud amalan para sahabat r.hum yang telah terbukti sukses di dunia dan akheratnya. Karenanya, kita perlu memahami dan mengikutinya agar supaya kita juga termasuk orang-orang yang sukses seperti mereka… Insya Allah…, Amin.   





·         “6  Sifat Sahabat…” yaitu :

1.      Menjunjung tinggi makna “LAA ILAHA ILLALLAH…, MUHAMMADUR RASULLULLAH…” .




................................................. 

Dan Kami tidak mengutus seorang Rasul pun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku"… (Al Anbiyaa : 25)

IMAN…, adalah membenarkan dengan penuh keyaqinan. Dan menurut agama, IMAN adalah membenarkan yang diberitakan Rasulullah SAW dengan penuh keyaqinan tanpa perlu adanya bukti yang nampak. Begitulah hakikat Iman…! akal pikiran dan logika tidak akan mampu menembus hakikatnya, hanya dengan keyaqinan hati saja makna iman dapat tersingkap.

·         BERIMAN KEPADA YANG GHAIB

Beriman kepada yang ghaib yaitu beriman kepada Allah SWT, kepada semua perkara yang ghaib dan kepada seluruh yang diberitakan Rasulullah SAW, tanpa menghendaki bukti yang nampak, atas dasar keyaqinan yang kuat dan membenarkannya. Menolak kesenangan-kesenangan yang sifatnya sementara, menafikan kejadian-kejadian yang biasa nampak dalam pandangan manusia dan pengalaman empiris (material), sebab lebih membenarkan apa-apa yang diberitakan oleh baginda Nabi Muhammad SAW tentang hal itu.



................................................. 

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa... (Al Baqarah ; 177)




................................................. 

Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya lalu ia berkata: "Wahai kaumku sembahlah Allah, sekali-kali tak ada Tuhan bagimu selain-Nya." Sesungguhnya (kalau kamu tidak menyembah Allah), aku takut kamu akan ditimpa azab hari yang besar (kiamat)...”(Al A’raaf : 59)




................................................. 

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Sesungguhnya Dia akan mengumpulkan kamu di hari kiamat, yang tidak ada keraguan terjadinya. dan siapakah orang yang lebih benar perkataan(nya) dari pada Allah ? (An Nissa ; 87)




...............

sory ya sob gk ada ayat nya ozt pasbuatnya lagiburu-buru sih hehehe
n cri sndri jha ayatnya ok .......
g mna tertarik gk untuk baca ?????

berhubung penjelasanya panjang bngt dan untuk membercepat akses biar loading nya gk lama saya kasih jlan pintas dh.....
bagi yang mau baca artikel ini secaralengkap dan ingin mendownload nya silahkan klik gambar di bawah ini :



Share this article :

+ comments + 7 comments

16 February 2020 at 01:18

Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
Terima kasih semua.

17 February 2020 at 01:12

Nama saya Suyono Ratha, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak peminjam internet di sini semuanya penipu dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu uang Anda, saya meminta pinjaman sebesar Rp750, 000,000, 00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan Rp25.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

Pada 12 Januari 2020, teman saya KABU-LAYU di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari ACCESS LOAN FIRM dan dia akhirnya menerima pinjaman. Saya tidak pernah percaya sampai saya pergi dengannya ke bank untuk mengkonfirmasinya dan saya kagum bahwa saya telah kehilangan begitu banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

Semoga Tuhan memberkati Ny. MARIA ALEXANDER atas apa yang telah dia lakukan pada saya dan keluarga saya, saya memberi tahu teman-teman saya untuk memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik. 750.000.000.00 Saya mematuhi persyaratan dan ketentuan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan
Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya KABU-LAYU yang membuat saya mendapat pinjaman untuk appriciations dan saya juga memperkenalkan banyak orang kepada Ibu MARIA ALEXANDER ibu yang baik berharap mereka juga mendapatkan pinjaman tanpa penundaan ..Saya ingin Anda yang membaca kesaksian saya menghubungi seorang ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan memberikan bukti niat baik ibu yang baik.

jadi saya menggunakan cara ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang pantas yang membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi
Mrs. MARIA ALEXANDER via EMAIL: (mariaalexander818@gmail.com) (Whatsapp: + 1 651-243-8090)

Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: suyonoratha@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi teman saya KABU-LAYU melalui EMAIL-nya: kabulayu18@gmail.com
terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita kehidupan dan kemakmuran.

13 March 2020 at 23:15

Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
Terima kasih semua.

28 March 2020 at 03:21

nama saya Alberth Eduard Sanady, saya berusia 47 tahun dan saya tinggal di Jl. Sorido Raya. km.12 No. 14. Kota Biak Provinsi Papua. Indonesia. Saya kehilangan 87 juta Rupiah kepada peminjam palsu hanya kerana saya memohon pinjaman 1 bilion Rupiah untuk melabur dalam perniagaan resort saya di Bali.
Baru-baru ini saya sedang membaca artikel berita di blog tentang mengenai mengenai pandemik coronavirus dan bagaimana ia telah mempengaruhi setiap sektor ekonomi.
Di blog saya, saya melihat kisah ibu yanti Ari dengan alamat, nombor telefon dan juga nombor Whatsapp pada bahagian komen tentang bagaimana dia meminjam dengan jayanya dari ibu ANA MICHAEL JAMINAN JAMINAN JAMINAN dan di bawah adalah maklumatnya

ibu Yanti Ari dengan nombor telefonnya: +62 821-1644-0184 dan nombor Whatsapp nya: +62 821-1644-0184. dia tinggal di Kota Medan. e-melnya: ariy62612@gmail.com dan ini adalah butiran syarikat yang dia katakan bahawa dia dihubungi.
PINJAMAN JAMINAN JAMINAN dan e-mel hubungan syarikat :: anamichaelguarantytrustloans@gmail.com

Daripada rasa ingin tahu, saya memutuskan untuk menghubungi ibu yanti untuk mengesahkan sama ada cerita yang dikongsi beliau adalah benar kerana saya sudah menjadi mangsa peminjam palsu, jadi saya memanggilnya dan kami juga bercakap pada whatsapp di mana dia menghantar saya semua bukti pinjamannya dari PINJAMAN TRUST JAMINAN.
Setelah melihat dan mengesahkan segala yang ibu memberitahu saya, saya memutuskan untuk menghubungi PINJAMAN JAMINAN JAMINAN dan saya telah hadir. Setelah saya menyerahkan semua dokumen yang diminta dari saya. Permohonan pinjaman saya telah diluluskan dan saya menerima pinjaman saya dalam akaun bank. Saya berjanji kepada ibu Yanti bahawa saya akan mengambil masa saya untuk berkongsi kebaikan jika saya menerima pinjaman daripada syarikat. Semoga Allah terus memberkati ibu Yanti dan syarikat untuk apa yang telah mereka lakukan untuk saya.
anda boleh menghubungi ibu Yanti jika anda mahu dan anda boleh menghubungi saya untuk maklumat lanjut melalui e-mel saya: albertheduardsanady@gmail.com

30 March 2020 at 06:14

Nama saya Ny. Yanti Ari. Saya pemilik bisnis yang menjual kosmetik. Untuk beberapa saat, saya telah mencari pemberi pinjaman Pinjaman yang dapat saya pinjam untuk mengembangkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet begitu buruk dan saya kehilangan jumlah 28 juta karena saya mengajukan permohonan sebesar 600 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

jadi, suatu hari yang setia saya membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh '' Dian Pelangi "perancang busana terkenal dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Ibu Ana Michael bekerja.

Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Dian Pelangi perancang busana terkenal dan saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya kehilangan 28 juta dari pemberi pinjaman buruk padanya. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia mengatakan kepada saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. dia mengirimi saya nomor teleponnya dan saya memanggilnya untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia berbicara kepada saya dan berkata saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba membagikan kabar baik saya agar orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

Jadi saya menghubungi Ny. Ana Michael melalui email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)
Ini adalah email Dian Pelangi: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM) yang saya hubungi.
Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan semua yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya untuk siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap untuk membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

Nama: Yanti Ari
Nomor telepon saya: +62 821-1644-0184
Nomor Whatsapp: +62 821-1644-0184
Kota: Medan
Email saya: ARIY6261@GMAIL.COM

Saya berdoa semoga Allah memberi orang-orang yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya ini sehingga mereka dapat diselamatkan saat saya diselamatkan. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa pun yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang-orang saya jatuh ke tangan pencuri !!!

6 May 2020 at 22:02

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

10 October 2021 at 02:33

Salam untuk kalian semua. Nama saya Agus Santoso, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena banyak sekali penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua memiliki untuk berhati-hati

Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya mengajukan pinjaman 250 juta. Saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya mengalami lebih banyak kesulitan keuangan karena saya meminjam untuk membayar sebagian biaya setelah menghabiskan dana saya. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan teman saya untuk merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Helen Wilson, seorang ibu yang luar biasa, yang meminjamkan saya pinjaman 250 juta tanpa jaminan dalam waktu 24 jam tanpa tekanan pada tingkat bunga 2%.

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan telah dicairkan langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: helenwilson719@gmail.com

dan dengan rahmat Allah dia tidak akan mengecewakan. jika Anda mematuhi perintah-perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: agsantoso576@gmail.com
dan teman saya yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Bu Helen Wilson, dia juga mendapat pinjaman baru dari Bu Helen Wilson, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (wahyusaptohandoko256@gmail.com) sekarang,

Yang akan saya lakukan adalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya. Anda masih bisa mengobrol, ibu yang baik, Nomor WhatsApp; +1-585-326-2165

mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

Nama saya Agus Santoso
Pinjaman saya 250 juta
KEUANGAN WEMA
email: helenwilson719@gmail.com
WA: +1-585-326-2165

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Centry_jazz.blog - All Rights Reserved
Template Created by
Proudly powered by Entrys Informatika