Blogger news

Home » » Apa itu Open Source Softwere

Apa itu Open Source Softwere

Written By Unknown on Wednesday 17 October 2012 | 19:08

Apa sih "Open source Softwere" itu?

Nah sobat ada yang udah tau apa itu Open Source Softwere belum...????
Kalaw Jawabannya belum saya ksih tau dh. (kasihan takut nangis )
"Open Source Softwere" bisa di uraikan sebagi berikut Open berarti "buka" Source artinya "sumber" dan Softwere adalah "Program / juga aplikasi" nah jadi Open sorce Softwere adalah sebuah softwere yang sumbernya terbuka.
dalam artian lain sebuah program yang sorce kode program nya terbuaka dan dapat dilihat bahkan di modifikasi tanpa harus meminta izin pada pembuat program atau aplikasi itu sendiri. nah konsep ini memungkan orang lain (user) mengetahui logika dari program tersebut juga memungkinkan (user) untuk memodifikasi atau membuat program lain yang sama persiis fuungsinya bahkan tampilannya.

"nah bagai mana tertarikkah anda?????"

Nah contohnya Linux, OS ini adalah salah satu sistem oprasi berbasis Text dan memakai prinsip Open Source Softwere, Banyak orang yang memodifikasi memodifikasi OS ini di karnakan source codenya terbuka dan bebas di modifikasi . Bahkan banyak orang yang membuat OS sendiri dengan memdifikasi Souce code linux dan mengubahnya dari berbasis text menjadi berbasis GUI contohnya di banten ada yang nama nya Linux Banten, di Medan ada Linux Medan dan lain lainnya.

Keunggulan Open source adalah Kita dapat memperbaiki Susunan code serta cara kinerja suatu program dan dapat mempublikasikan kembali setelah di perbaiki atau di modifikasi. berbeda dengan Close / Buy softwere yang menutup rapat semua code programnya agar tidak bisa di ubah (di bajak)
tetapi anda jangan berburuk sangka pada program yang ditutup source codenya. semua itu pasti ada alasan dan tujuan nya masing masing.

nah setelah panjang lebar menerangkan tentang Open source Program kali ini saya akan memberikan contoh Program atau Aplikasi OSS :
  1. Linux
  2. PHP 
  3. Apache (web server)
  4. My SQL
  5. Perl
  6. Fetcmail
  7. dan masih banyak lagi contoh conton OSS
Nah baagai mana mengagumkan bukan dunia tehnologi itu??
dan bagai mana anda sudah paham kan apa itu OSS (open source softwere)....
Jawabanya pasti iya lah Wong di kasih tau td kok hehehe
Ok dh semoga bermanfaat ya sob

*jangan lupa tinggalkan komentar (NO SPAM)
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Centry_jazz.blog - All Rights Reserved
Template Created by
Proudly powered by Entrys Informatika